Don't Miss
Easter Island - Pulau Paskah
Easter Island - Pulau Paskah

Easter Island – Pulau Paskah

Easter Island – Pulau Paskah

Easter Island – Pulau Paskah adalah salah satu tempat terjauh di bumi. Terletak di Samudera Pasifik bagian selatan, sekitar 3.700 km dari pantai Amerika Selatan dan lebih dari 2.000 km dari pulau berpenghuni terdekat. Pulau ini dikenal dengan patung batu.

Easter Island - Pulau Paskah

Easter Island – Pulau Paskah

Pulau Paskah terdiri dari gunung berapi tua dengan tiga danau kawah. Ini memiliki luas 163 kilometer persegi dan populasi sedikit lebih dari 5.000.

Orang-orang yang tinggal di sana memanggil pulau Rapa Nui. Pemukim Polinesia tiba di Pulau Paskah pada milenium pertama AD. Di sana penduduknya tinggal terpisah dari belahan dunia lainnya sampai seorang navigator Belanda tiba di pulau itu pada Hari Paskah 1722. Pada akhir abad ke-19, Cile menduduki pulau itu dan mengubahnya menjadi taman nasional.

Konflik antar klan, serta penyakit dan bencana alam mengurangi populasi Pulau Paskah. Menjelang akhir abad ke-19, hanya seratus orang yang mendiaminya. Dalam perjalanan abad ke-20, semakin banyak orang dari Cile pindah ke pulau itu. Pada tahun 1995 UNESCO menjadikan Pulau Paskah sebagai Situs Warisan Dunia.

Sobat Agen Dunia – Daya tarik utama Pulau Paskah adalah lebih dari 600 patung batu yang disebut moai, yang tersebar di seluruh pulau. Mereka dibuat oleh penghuni awal, untuk menghormati leluhur mereka. Beberapa di antaranya tingginya lebih dari 10 meter dan beratnya mencapai 90 ton. Penduduk pulau mengukir patung-patung itu dari batu vulkanik dan menempatkan mereka di tiang penyangga. Mereka menebang pohon dan menggunakannya sebagai kayu bulat untuk mengangkut patung-patung itu ke tempat di mana mereka sekarang berdiri. Hampir tidak ada pohon yang tersisa di pulau itu saat orang-orang Eropa tiba di sana.

Sebagian besar patung-patung itu hancur saat pertempuran dan konflik muncul di antara keluarga-keluarga di pulau itu. Arkeolog dan ilmuwan telah mencoba merekonstruksi beberapa patung dan mengembalikannya ke tempat asalnya.

Jadi sobat agen dunia, kira-kira kalian pengen gak datang ke sini ?? Kalau saya pribadi sih pasti pengen travelling kesini, dan pulau ini juga sudah terkenal di seluruh dunia loh 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*